Monday, January 12, 2015

KERIS NAGA LAMORGA


Berbentuk keris berluk tunggal. Berukuran : sepanjang 36 cm. Variasi Warna : coklat kehitaman. Keterangan : Keris ini dikenal dengan nama Kyai Lamorga. Yang memiliki tangguh tengahan dan pada gandiknya terdapat kepala naga bermahkota dan mengepakkan sayap tubuhnya tanpa sisik dan mengikuti alur lekuk pada keris. Didalam riwayat keris ini dibuat pada zaman Kesultanan Mataram. benda pusaka ini bukan seperti keris pada umumnya, keris ini tidak dipakai sebagai senjata perang namun lebih pada penggunaan magisnya.  

Keris adalah benda seni yang meliputi seni tempa, seni ukir, seni pahat, seni bentuk, serta seni simbol dan perlambang, Dalam pembuatannya selalu disertai doa, mantera tertentu, dan upacara serta sesaji khusus. Seorang empu ketika akan mulai membuat keris disertai dengan tapa brata dan lelaku, tidak tidur, tidak makan, tidak menyentuh lawan jenis pada saat-saat tertentu. dengan memohon pengharapan kepada Yang Maha Kuasa, agar keris buatannya tidak akan mencelakakan dirinya maupun orang lain dan memiliki kekuatan khusus bagi pemiliknya. 

SEBAGAI SARANA

Keris Kyai Naga lamorga ini memiliki pancaran aura hawanya sejuk dan damai, Pemiliknya akan diberi keberkahan dan ketenangan dalam segala usaha, Sarana mendatangkan rezeki dari berbagai arah, Sarana melancarkan segala macam usaha, Sarana mendapat ketentraman dalam rumah tangga, Sarana dicintai oleh sesama baik laki-laki maupun perempuan, Sarana segala maksud mudah tercapai, dan lain sebagainya.  Ditaruh dikantor,tempat usaha, dirumah atau dibawa bila ada keperluan. ( Di Maharkan Rp. 1.000.000,- )