Monday, January 12, 2015

KERIS LUK 5


Keris luk lima disebut Dhapur Pandawa. keris ini berbentuk mirip sebuah keris kecil, Berukuran 4,5cm, berwarna kuning kehitaman, meski sebetulnya benda ini bukan seperti keris pada umumnya.  Bentuk keris luk l5 melambangkan harapan agar manusia memiliki sifat seperti pandawa yakni bisa mengendalikan hawa nafsu  manusia dilahirkan dengan lima panca indra yang harus diasah untuk mampu bersatu dengan Tuhan.

Sifat dan karaktenya pun mencontoh lima krastria Puntadewa, Welkudara, Janaka, Nakula, Sadewa, sifat yang harus dihayati, bersamaan sebagai manusia sempurna, karena itu keris ini umumnya banyak dimiliki oleh para pahlawan atau pejuang. Keris ini tidak dipakai sebagai senjata perang namun lebih pada penggunaan kekuatan daya magisnya. Media yang diambil melalui proses penarikan ghaib dan sudah memiliki daya kekuatan tersendiri 

Keris adalah benda seni yang meliputi seni tempa, seni ukir, seni pahat, seni bentuk, serta seni simbol dan perlambang, Dalam pembuatannya selalu disertai doa, mantera tertentu, dan upacara serta sesaji khusus.  Seorang empu ketika akan mulai membuat keris disertai dengan tapa brata dan lelaku, tidak tidur, tidak makan, tidak menyentuh lawan jenis pada saat-saat tertentu. dengan memohon pengharapan kepada Yang Maha Kuasa, agar keris buatannya tidak akan mencelakakan dirinya maupun orang lain dan memiliki kekuatan khusus bagi pemiliknya. 

SEBAGAI SARANA 

Keris Luk Lima melambangkan pemiliknya akan lancar berbicara dan berkomunikasi. Sarana memiliki kemapanan sosial dan menjadi pemimpin di masyarakat dimuyakan orang banyak, Hawa energi aura keris ini memberikan tuah untuk dapat kekuasaan dan kedudukan, Sarana kewibawaan dan supaya dicintai banyak orang. Sarana untuk menjaga karisma kebangsawanan, dihormati dan dicintai rakyat dan bawahan, menunjang kekuasaan dan wibawa dan untuk menjaga kebangsawanannya.dan lain sebagainya ( Di Maharkan Rp.300.000.- )